Bahasa di Toraja

Bahasa di Toraja
Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional yang secara resmi digunakan diseluruh pelosok nusantara sebagai bahasa persatuan, demikian pula di Tana Toraja dan Toraja Utara. Pada umumnya dalam berinteraksi sehari-hari masyarakat Toraja berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, selain tentunya bahasa daerah Toraja. Terdapat pula berbagai jenis bahasa daerah yang biasanya terdengar digunakan oleh orang-orang pendatang, misalnya bahasa bugis/makassar, bahasa jawa, bahasa sunda, dan lain sebagainya. 

Sebagai salah satu daerah tujuan wisata populer bagi wisatawan domestik dan mancanegara, masyarakat Toraja sudah terbiasa berkomunikasi dengan para wisatawan menggunakan bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sebagian besar orang-orang yang "bekerja" dalam bidang pariwisata di Toraja sudah sangat fasih berbahasa inggris dan bahasa-bahasa asing lainnya.

Bahasa Toraja
Bahasa Toraja memiliki beberapa dialek atau logat, seperti misalnya di daerah Utara Toraja ada Dialek Sa'dan-Rantepao, Dialek Tallulembang (wilayah Sangalla', Makale dan Mengkendek), Dialek Toraja Barat (wilayah Rembon-Saluputti), Dialek Toraja Selatan (wilayah Gandang Batu, Sillanan, Duri), Dialek Toraja Luwu (di Palopo) dan Dialek Mamasa. Lebih jelas tentang Bahasa Toraja akan diulas pada artikel lainnya.

Klasifikasi Bahasa
• Polynesian, Proto Malayo
• Austronesian: Malayo-Polynesian: South Sulawesi:  Northern

Bahasa di Toraja

Berikut ini beberapa contoh kata / kalimat bahasa Toraja yang sering dijumpai dan dengarkan dalam pergaulan masyarakat Toraja sehari-hari.

English Bahasa Toraja 
Excuse Me Permisi Tabe'
How Are You? Apa Kabar? Umba Nakua Kareba?
What's Your Name? Siapa Nama Kamu? Indanna Sangammu?
Good Morning Selamat Pagi Salama' Melambi'
Good Night Selamat Malam Salama' Mabongi
Eat
Drink
Makan
Minum
Kumande
Mangiru'
Thank You
Terima Kasih Kurre Sumanga'

Lebih jelas tentang bahasa Toraja bisa dibaca di artikel lain berjudul Belajar Bahasa Toraja. Semoga bermanfaat.